5 Catatan : RI Untuk Semua

0
359

Ditulis Oleh : Musheni, S.Pd.I (Sekjen PKS Muba)

 

Hasil suara yang direkapitulasi oleh tim pemenangan H. Rustam Effendi-Irwan Evendi menunjukkan kemenangan tipis dengan pesaing terberat (incumbent) yakni HS Prana Putra Sohe-Sulaiman. Berikut ini kami tampilkan hitungan tim pemenangan. 1 ( Sambas –Suherman) memperoleh 1.607 suara, 2 ( Joko-Suparman) memperoleh 2.322 suara, 3 ( Prana S- Sulaiman ) memperoleh 32,260 suara, 4 ( AKis –Akmal ) memperoleh 23.233 suara, 5 ( Rustam-Irwan) memperoleh 33.687 suara, dan 6 ( Darmadi-Elven ) memperoleh 7.630 suara.

Hasil rekapitulasi menunjukkan ada selisi yang sangat tipis antara RI ( 5 )  dengan Nan Suko ( 3) yakni selisi 0,4 % untuk kemenangan RI. Kemenangan ini memang dapat diperjelas dengan empiris dari situasi dan kondisi politik itu sendiri. Sebab, hasil suara yang cukup signifikan yang insyaAllah menghantarkan RI duduk sebagai walikota dan wakil walikota Lubuk LInggau periode 2012-2017.

Pertama, secara organisasi calon nomor 5 atau RI didorong oleh mesin organisasi yang modern, cerdas dan dewasa. PKS sebagai motor sentralnya menjadi komando dalam arah kemenangan RI. PKS menyodorkan Irwan Evendi yang berstatus PNS di DIknas Kota Lubuk Linggau. Lalu, diikuti oleh arus organisasi PPI ( Partai Pemuda Indonesai ) yang menyodorkan H. Rustam Effendi serta partai-partai lainya seperti PMB dan lain sebagainya.  Transfer pengalaman dari satu daerah dengan daerah lainya memberikan pembelajaran politik yang dinamis bagi pemenangan RI.

Kedua, secara figure. Pasangan H. Rustam Effendi-IRwan Evendi mempunyai daya tarik yang cukup menawan. H. RUstam Errendi mempunyai pengalaman dibidang birokrasi seperti pernah menjabat kepala dinas catatan sipil, sekretaris DPRD Kota Lubuk Linggau. Demikian pula Irwan Evendi yang malang-melintang di dunia dakwah juga berada dalam jalur birokrasi. Kombinasi yang pembelajaran di dalam birokrasi dan diluar birokrasi yakni sosial masyarakat dan dakwah memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang serius,amanah dan mampu mengangkat martabat masyarakat Lubuk Linggau sebagai mana dalam visi dan misi RI.

Ketiga, jaringan luas masing-masing figure turut memberikan andil yang cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari beragamnya dukungan politik yang dilatari dari berbagai aspek. Mulai dari territorial hingga aspek primordial. Di TPS 1 Kelurahan Taba Lestari yang menjadi tempat pencoblosan Irwan Evendi suara RI cukup signifikan. Kemudian, anak dari Rustam Effendi adalah seorang anggota DPRD Kota Lubuk Linggau 2009-2014 dari partai PPI,sedangkan isteri Irwan Evendi sendiri juga duduk sebagai anggota DPRD Kota Lubuk LInggau. Lalu, isteri H. Rustam Effendi adalah kepala RS. Sobirin Kabupaten Musi Rawas.

Keempat, tentu saja berbagai faktor yang disebutkan diatas dibungkus dengan kemasan yang menarik dalam marketing branding yakni RI Untuk Semua. Branding RI Untuk Semua secara “pewarnaan” adalah turunan dari PKS Untuk Semua yang menjadi ikon politik yang digulirkan pada Mukernas 2010 di Jakarta. Konsep umumnya adalah tidak ada ekslusifitas dalam menjalankan roda organisasi,sebaran pendukung,suku,ras dan agama. PKS siap menjadi rumah besar bagi masyarakat,bangsa Indonesia. Pada Pilkada Lubuk LInggau ini,terlihat kreatifitas tim pemenangan yang melakukan “ratifikasi” ikon tersebut menjadi RI Untuk Semua. Tentu saja, latar RI Untuk Semua cocok pula untuk kota Lubuk Linggau yang terlahir dari berbagai topografis masyarakat yang plural. Contoh dalam hal realisasi branding ini adalah “ Ojo lali “ tutup Ketua DPW PKS Sumsel, H. Imam Mansyur,Lc pada orasi  kampanye akbar 14 Oktober 2012 di Lapangan Mardeka.

Kelima, secara umummasyarakat kota Lubuk Linggau cukup cerdas. Maksud penulis adalah kondisi kota Lubuk LInggau memang benar-benar bisa dikatakan “kota”. Sebab ada banyak sekolah berlatar belakang organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah. Juga ada banyak sekolah tinggi perguruan tinggi. Jalur jalan lintas yang menjadi sentral perlintas dari arah Bengkulu,Lampung dan Jambi dan arah kota Palembang. Empat penjuru arah lintas ini mempunyai daya tarik ekonomi yang pesat bagi masyarakat pendatang.  Ada pula media cetak daerah seperti Lubuklinggau Post, Silampari Pos, dan Musi rawas Ekspres. Serta ada pula radio-radio daerah yang muncul di kota Lubuk LInggau. Kota Lubuk linggau sangat menawan bagi siapa saja yang pernah menginjakkan kakinya ke kota Silampari  karena termasuk dalam gugusan bukit barisan, Bukit Sulap buktinya.

Catatan 5 hal tersebut memberikan inspirasi tentang pentingnya menghitung dukungan. Tidak hanya dukungan secara ‘sosial’ tetapi harus ada hitungan secara ‘eksak’. Lebih dari itu,  capaian ini merupakan atas izin dari-Nya. InsyaAllah. Seberat apapun halangan rintangan,jika Allah swt menghendaki “jadi” maka “jadilah”. Wakil Walikota Pekanbaru Ustd. Ayat Cahyadi yang menghadiri acara kampanye Akbar di Lapangan Mardeka tanggal 14 Oktober 2012 yang lalu harus menghadapi sidang Mahkamah Konstitusi ( MK ) dua kali dan pencoblosan dua kali  untuk duduk sebagai pasangan wakil walikota di Pekanbaru definitive.

Sebagai penutup tulisan ini, penulis ingin memaparkan tradisi penting  dukungan, dorongan dan pemenangan yang digulirkan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ). Tradisi tersebut adalah tradisi kehadiran secara fisik makna dari dukungan itu sendiri.  Maksud penulis adalah dukungan politik partai tidak hanya diatas kertas, tetap benar-benar direalisasikan dalam bentuk support mental bagi calon dan pendukunganya.  Contoh dalam hal ini adalah hadirnya toko-toko nasional di acara kampanye akbar tanggal 14 Oktober 2012 seperti dua anggota DPRRI 2009-2014 Kh. Bukhori Yusuf dan Mustafa Kamal,S.s. Pengurus DPP PKS Ustd. Sauriyum Khatib. Kemudian, tokoh PKS Sumsel yang juga anggota DPRD Provinsi ustd. Erza Saladin,ST, Muhammad Tukul,SE, Saifurrahman,M.Pd.I. Kemudian, sekretaris DPW  PKS Sumsel ustd. Zahruddin Hodsay,MM juga hadir. Bahkan, Ketua DPD PKS Musi Banyuasin Dear Fauzul Azim,ST turut pula hadir.

Pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2012 atau hari pelaksanaan pemilihan, ustd. Irwan Evendi mengundang pengurus DPW PKS Sumsel seperti ustd. Yuswarhidayatullah,M.AP, ust. Muhammad Tukul, ustd. Erza Saladin,ST, Ustd. Dear Fauzul Azim,ST serta ketua DPD PKS Empat Lawang mengelar Cofee Moorning di kediamannya,kompleks Perumnas Taba Lestari,Lubuk Linggau. Semoga, kemenangan ini adalah kemenangan dakwah. Semoga dua poin besar visi RI yakni Lubuk Linggau yang bermartabat dan sejahtera terwujud.Amin.

Terusan, 22 Oktober 2012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.