Eko Sungkono Patra, Sang Pembelajar yang Terus Berkarya

0
234
Eko Sungkono Patra, M.Si
Eko Sungkono Patra, M.Si
Eko Sungkono Patra, M.Si

“Mas Eko”, itulah panggilan akrab dari laki-laki yang berumur 42 tahun ini. Lahir di Desa Dono Arum Kecamatan Seputih Agung Lampung Tengah , 22 November 1971. Eko Sungkono Patra adalah nama lengkap yang diberikan oleh orang tuanya dengan harapan agar nama tersebut akan menginspirasi menjadi orang yang terdepan.

Berawal dari Aktivitas Dakwah Kampus di Akademi Bahasa Asing, dia merasakan pengalaman luar biasa akan perjuangan dakwah pada waktu itu. Berbeda dengan mahasiswa lain, biasanya waktu malam digunakan untuk istirahat, keluar malam ataupun mengerjakan tugas kuliah. Mas Eko juateru menggunakan waktu malamnya untuk juga menimba ilmu dengan cara menjadi santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Darul Hikmah Lampung.

Satu tahun setelah menyelesaikan studinya di Akademi Bahasa Asing, beliau pun merantau ke Baturaja. Aktivitas pertamanya di Baturaja menjadi instruktur Bahasa Inggris di “Texas College”. Seiring waktu, karena dedikasinya dan komitmennya untuk dunia pendidikan, pada tahun 1994 Mas Eko diangkat menjadi dosen Mata Kuliah Bahasa Inggris di STIKES Al-Ma’arif Baturaja dan SPK Depkes Baturaja (sekarang, Kemenkes Depkes Baturaja Program Studi Keperawatan). Selain itu beliau juga mengajar di SMA Trisakti Baturaja. Pada tahun yang sama, Eko yang baru berusia 22 tahun tersebut mendirikan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris dan Bimbingan Belajar “Primatama Course” dan Lembaga Pelatihan Mengemudi dan Montir Mobil “Autoprima”.

28 Desember 1996, beliau menikah dengan seorang wanita solehah bernama Farida Aryani dan saat ini dikaruniani tiga orang anak (2 orang laki-laki dan satu perempuan). Hal ini menambah kebahagiaan laki-laki ini yang terkenal dengan keramahannya.

Karena segudang pengalaman manajerial yang dimilikinya, serta memang tercatat sebagai kader PKS maka Eko Sungkono Patra akhirnya diamanahi menjadi Ketua DPD PKS OKU sejak 1999 hingga sekarang. Diberikan amanah yang besar di dalam partai Islam terbesar di Indonesia tersebut tidak membuat Eko tinggi hati, justeru beliau menjadi lebih santun.

Eko Sungkono Patra dan isteri berfoto bersama Ustadz Yusuf Mansur
Eko Sungkono Patra dan isteri berfoto bersama Ustadz Yusuf Mansur

Pemilu tahun 2009 beliau dicalonkan oleh PKS untuk maju menjadi anggota legislatif, dan terpilih berkat dukungan para kader dan masyarakat. Sesuai dengan kemampuan dan bidang ilmu yang digeluti,  beliau duduk di Komisi 1 DPRD kabupaten OKU yang membidangi Pemerintahan dan Pendidikan. Peribadi yang supel, cepat akrab dab pergaulan yang luas, Eko dikenal oleh banyak pihak, baik pegawai honorer, wartawan ataupun masyarakat. Selain menjadi wakil
rakyat beliau juga menjadi pengurus ICMI Baturaja, Dewan Masjid Indonesia OKU, IKADI OKU, DEKOPINDA OKU, Ketua Drumband OKU, penasehat Tapak Suci, pembina beberapa yayasan di kabupaten OKU dan lain-lain.

Saat ini Mas Eko atau Eko Sungkono Patra kembali maju sebagai Calon Anggota DPRD OKU nomor urut 1 Dapil 1. Beliau meminta restunya kepada masyarakat dan berharap dalam memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk daerah dan masyarakat yang diwakilinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.