PALEMBANG, SUMSEL.PKS.ID – Beberapa hari yang lalu tepatnya 9-10 Agustus 2015, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menetapkan beberapa pucuk pimpinan di tingkatan Dewan Pengurus Tingkat Pusat (DPTP)-nya melalui Musyawarah Majelis Syuro di Mason Pine Hotel, Padalarang, Jawa Barat. Salah satu yang ditetapkan yaitu presiden partai. Muhammad Sohibul Iman didaulat untuk menjadi nahkoda partai dakwah ini. Berikut kami sajikan profil singkat teknokrat lulusan Jepang ini.

Dr. Muhammad Sohibul Iman, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 5 Oktober 1965. Saat ini ia berumur 49 tahun. Sohibul Iman pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR-RI untuk sisa masa bakti 2009-2014 selama satu tahun, menggantikan Anis Matta yang mengundurkan diri lantaran menjadi Presiden PKS.

Ia menyelesaikan gelar S1 sampai S3 di Tokyo, Jepang dan kesemuanya beasiswa. Namun demikian, sempat juga berkuliah hingga semester 3 di Institut Pertanian Bogor. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini terpilih kembali sebagai anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat XI (Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya) pada Pemilu Legislatif, 9 April 2014 yang lalu. Sebelumnya, Sohibul Iman pernah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Ia pernah terlibat di banyak organisasi, diantaranya ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi). Sedangkan pengalamannya di partai politik, Sohibul pernah menjabat Ketua Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi-Lingkungan Hidup (IPTEK-LH) DPP Partai Keadilan 1998-2004, Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri dan Teknologi PKS 2005-2010 dan Anggota Majelis Pertimbangan Pusat PKS 2010-2015.[esm]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.