Tanjung Batu Miliki Anak-Anak dan Remaja yang Berbakat di Dunia Tarik Suara Islami

0
68
Penampilan tim nasyid Madrasah Diniyah Ta’miliyah Ar-Rahmah Tanjung Atap dalam acara pelantikan DPRa PKS Se Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Payaraman Kab. Ogan Ilir di Balai Desa Tanjung Batu, Minggu (19/11)

Tanjung Batu, Ogan Ilir – Kabupaten Ogan Ilir dikenal dengan kota Santri. Hal ini ditenggarai dengan banyaknya pondok pesantren, penghafal Qur’an yang berasal dari kota Caram Seguguk ini. Untuk itu, tidak mengherankan bila kegiatan Temu Tokoh dan Pelantikan DPRa PKS Se Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Parayaman turut melibatkan partisipasi dari tim nasyid dan grup vocal Melayu Islam.

Affandi Sardiq, sebagai pelatih

Penampilan grup vocal Al Ikhsan

ini menjelaskan kalau grup yang terdiri dari dari 11 anggota perempuan dan 8 laki-laki ini baru dua bulan terbentuk dan baru tiga kali tampil. Pertama kita tampil di Sakatiga tingkat Kabupaten yang kala itu dihadiri oleh Bupati dan Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir. “Mungkin karna penampilan kita baik, jadi dipanggil lagi untuk ngisi acara Pekan Olahraga Diniyah tingkat Provinsi di Prabumulih dan yang ketika itu kegiatan kita hari ini, ngisi acara PKS” ujar pria yang mengajar sebagai guru agama ini.

Affandi menuturkan, grup nasyid yang terbentuk ini berkat adanya audisi yang ia lakukan di sekolah. “Setiap siswa berkesempatan untuk ikut audisi dan kita tes nyanyi” imbuhnya. Sampai saat ini untuk pembagian suara belum ia lakukan, hanya sekedar pembagiaan di backing vocal saja.

Salah satu anggota tim nasyidn, Jundi Lamtara mengaku kalau dirinya senang gabung tim nasyid dan ingin jadi penyanyi dikemudian hari. “Biso jalan-jalan gratis dan dak gugup kalo tampil “ujar siswa kelas 6 SD ini.

Lain halnya dengan tim nasyid Madrasah Diniyah Ta’miliyah Ar-Rahmah Tanjung Atap yang dibina dan dibawah institusi pendidikan, Grup vocal Al Ikhsan yang berisikan remaja-remaja desa Tanjung Atap terbentuk dan berjalan dengan mandiri. “Kami bentuk grup ini atas inisiatif dewek dan belajar jugo dewek-dewek” ujar Musaddad Roli kepada tim Humas DPW PKS Sumsel.

Pria yang juga ketua grup vocal ini mengungkapkan setiap minggunya selalu saja ada panggilan, baik itu acara walimah, sedekah, acara-acara keislaman maupun festival lomba. “Kita baru bentuk grup ini dari Januari 2017 dan sudah dapat 12 piala baik tingkat kabupaten maupun kecamtan” ujar Affandi.

Ditanya mengenai trik untuk membuat kompak antar gerakan grup dan tabuhan rebana, Affandi mengungkapakan kalau setiap anggota harus fokus terhadap suara instrument tabuhan. “Setelah semua feelnya dapat, baru kita tentukan koreografinya” ujarnya.

Kedepan, kita menginginkan untuk unjuk kebolehan ditingkat Provinsi maupun Nasional dan itu tentunya akan lebih membuat kami bersemangat dan disiplin latihan. “Semoga bisa ikut festival di provinsi dan nasional, biar kito biso lebih giat belajar” tutup Affandi. (adm12)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.