Berita PKS Sumsel

Jangan Lupa Lahat, Banjir Bukan hanya di Ibu Kota

Jumat (3/1/2020) Apriyudi, salah satu Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Lahat mem-posting foto-foto penyaluran bantuan bencana banjir untuk Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Selain mobil pick-up berisi penuh muatan perabot dapur, ada juga minibus berisi beras, dan paket-paket bantuan sembako. Terjun pula ke lokasi Anggota DPRD Feriyanto sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Lahat yang akrab dipanggil Faruq dan beberapa pengurus lainnya.

Total bantuan yang diserahkan senilai Rp14,6 juta kepada 76 kepala keluarga, dengan rincian: 11 rumah hanyut, 24 rumah rusak berat, 41 rumah rusak ringan ringan.

“Warga sangat terharu sampai menitikkan air mata, salam dari warga Desa Keban Agung,” tulis Apriyudi dalam pesan singkat di grup. Ia juga menyampaikan terima kasih dari penyintas banjir bandang untuk donatur, anggota DPRD, kader, simpatisan,dan seluruh pengurus daerah PKS di wilayah Sumsel yang telah membantu, semoga berkah dan amal ibadahnya diterima Allah SWT.

Insyaallah kami main kesana bawa sedikit oleh-oleh dari kawan di Prabumulih,” balas Fasmawati. Sebelumnya DPD PKS Lahat telah mem-posting lokasi bencana pada 31 Dsember 2019, selain meninjau lokasi juga menemui para penyintas yang rumahnya porak-poranda sehari pasca bencana. Bantuan barang dan dana masih terus mengalir seperti dari DPD PKS Pagaralam, Selasa (7/1/2020) pukul 11.00 disusul DPD PKS Prabumulih pukul 15.00 di DPD PKS Lahat.

Untuk bantuan tahap dua, sebelum kembali mendatangi lokasi, akan ditanyakan langsung ke ahli musibah, apa yang lebih prioritas dibutuhkan, selain pakaian layak pakai, dan kebutuhan seminggu pasca banjir bandang.

Daftar donasi banjir Lahat dari Dewan Pengurus Wilayah PKS Sumatera Selatan Rp5 juta, dan DPD PKS Pali Rp1 juta, DPD PKS Empat Lawang Rp3.555.000, DPD PKS Banyuasin Rp600.000, DPD PKS Prabumulih Rp 4,6 juta, DPD PKS Muara Enim Rp2,5 juta, DPD PKS Palembang Rp2,5 juta, DPD PKS Pagaralam Rp3.581.000 dan DPD PKS Musi Banyuasin Rp1,5 juta, masih ada beberapa DPD PKS lain yang berjanji akan segera mengirimkan bantuan seperti DPD PKS Lubuklinggau, serta OKI.

Tak seperti bencana banjir di Jakarta yang lebih heboh diberitakan media, jalan Lahat-Pagaralam Putus 9 Jam tulis Sumatera Ekspres, Senin (6/1/2020) halaman 1. Waspada cuaca ekstrem sepekan ke depan (halaman 11). Lematang meluap, 30 rumah terendam, kemarin. Kawasan Pasar Bawah, RT 7 dan 8, Kelurahan Kota Jaya, Lahat diterjang banjir.

Sungai Lematang kembali meluap karena hujan ekstrim di Lahat juga menyebabkan rumah kader PKS Hengki dan Ketua Dewan Pengurus Ranting Terkul Sudarto tempat orang tuanya dan kakaknya, termasuk tanah di atas jalan provinsi ke Pagun-Lahat longsor.

Meski turut menjadi korban, kader PKS tetap akan membantu masyarakat. Ini adalah hasil latihan dari Kemah Bakti Nusantara, dimana kader merasakan tinggal di tempat darurat selama beberapa hari dengan perlengkapan dan bekal seadanya. Semoga dengan amal jama’i kita meringankan beban yang terkena musibah dan Allah berikan kemenangan untuk PKS tanpa perlu menunggu tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *